Tips Pengganti Pelarut PCB

Hallo sahabat Bloger ,kali ini saya Memposting sebuah Tips Pengganti Pelarut PCB  yang selama ini mungkin sering kita jumpai di toko – toko Elektronik , Ada yang berbentuk serbuk atau ada juga yang bentuk nya cair  yang di kenal dengan nama Ferric Clorida atau ( FeCI3 ) Kalo di tempat kota saya tinggal sih kayaknya sudah sangat jarang atau sudah tidak beredar lagi.

Mungkin Kini berbeda dengan jaman – jaman masa saya dulu ,yang kebutuhan nya pada saat itu masih di perlukan untuk tugas – tugas sekolah atau untuk para Hobiest yang banyak sekali ber experiment dengan perangkat – perangkat Elektronik yang lagi Booming pada saat itu,
Di mulai dari Booming nya Jaman Intrecom yang pada jaman itu adalah salah satu alat untuk bersilaturahmi dan Berkomunikasi antar warga Rt atau se kecamatan.


Para Hobiest yang ber experiment di jalur Frekwensi pun masih sangat banyak  Baik itu di jalur Frekwesi FM,SW,MW atau yang lain nya .

Pada saat itu mungkin harganya sangat murah sekali ya ,kalo kita cari yang nama nya  Ferric Clorida atau ( FeCI3 ) paling hanya Rp.1000 per kantong nya
Terakhir saya beli larutan pelarut ini di pertengahan 2013 harganya sekitar Rp.3000 di daerah saya di Kota Cianjur tepat nya di TOKO GEMA RIA milik nya kong Haji.

Ketika sudah cukup lama saya tidak pernah menyentuh PCB akhirnya kepikiran juga untuk bikin beberapa experiment kembali …tapi alangkah susah nya cari toko yang jual obat Pelarut PCB Tersebut, Akhir nya jadi males deh bikin – bikin project iseng yang tadi nya sudah mulai bergelora kembali.maka dari itu saya kepikiran untuk posting artikel Tips Pengganti Pelarut PCB ini

Saat ini walau masih banyak di jual tapi bagi saya tidak sebanding dengan ongkos yang harus di keluarkan ,selain belinya sangat Jauh Dari tempat tinggal saya atau Order Via Online kalo Bikin sedikit ya tanggung Juga
Akhir nya Melirik deh Bahan alternative Yang Mudah dan biaya murah dan yang pasti tak terlalu beresiko terhadap Lingkungan.

Yaitu Menggunakan Bahan Bahan Kimia Buat keperluan Lab sekolah yaitu HCI terus H202 dan H20
Itu juga saya dapet Hasil cari referensi kesana kemari , tapi Cari barang nya juga susah amir masak harus minta atau nyuri ke lab sekolah….beuh stresss lagi
Cring…Cring…Akhirnya ada titik terang deh sesudah berpikir keras dapat ide juga dengan mencoba alternative pake pembersih lantai….

Nah Jadi inget Banyak juga ya Pembersih yang menggunakan HCL..tapi hasil uji coba lapangan saya tidak semuanya berhasil ko ada yang lama bangetttt ada yang Cuma mengikis sebagian dan capeek juga
Tapi saya ingin Coba share pengalaman saya pada sahabat semua apa yang saya alami ,mudah mudahan bisa jadi alternative untuk di coba

Siapkan atau beli ( Vixal – Pembersih lantai ) atau sisa juga ga apa – apa, why Vixal Not Other ? karna Vixal mengandung HCL 17% Kalo yang lain lebih kecilll atau kurang kuat
Beli atau minta Juga Boleh Buat Uji Coba (Vanish – Pembersih noda ) Why Vanish ? karna mengandung H202 50% - terakhir H20 taukan apa kalo belum tau itu adalah Air ,Water atau cai kata orang sunda mah

Campurkan Vixal saya menggunakan takaran gelas botol kecil 1 gelas + 2 Gelas Vanish & 4 Gelas air
Jreng…jreng …Akhirnya Berhasil…..wah sisa Campuran nya masih banyak padahal baru di pake sedikit

No Problem ternyata masih bisa di gunakan ko untuk lain hari ,masukin botol bekas obat aja lah trus tutup rapat atau gelas plastic juga bisa buat acara yang lain bikin PCB lagi…

Ini hasil gambar sudah jadinya lho !
















Desain Layout !





















Makasih sahabat bloger yang udah menyempatkan baca artikel Tips Pengganti Pelarut PCB ini, itu just share apa yang saya alami dan jalani , mudah mudahan berguna buat yang lain juga .Bagi yang mau sharing atau sekedar berkomentar silah ka n isi di kolom komentar ya ..Kita ketemu lagi di artikel yang lain di Blogkamarku.blogspot.com 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url