membuat intercom IC TDA 2003

Hallo sahabat semua dan sobat para pengunjung setia blogkamarku.com, salam jumpa kembali dan semoga anda sehat selalu dan kabarbaik menyertai anda, oke sobat semua pada kesempatan yang baik ini saya akan share cara membuat sebuah alat komunikasi yang pada era terdahulu atau pada jaman 80an alat komunikasi ini sangat di kenal oleh masyarakat luas dan akan saya ulas di postingan kali ini yaitu membuat intercom IC TDA 2003 .

Maklum pada saat itu teknologi belum seperti yang terjadi pada saat sekarang ini yang sudah sangat berkembang dan di dominasi oleh perangkat digital,dengan adanya smartphone dan peralatan teknologi lain nya, coba kita lihat pada era 80an pada waktu itu mungkin saya baru lahir, dan ketika usia 5 tahunan saya suka mainin perangkat yang pada saat itu di kenal dengan interkom.

Hampir semua di kampung saya menggunakan alat komunikasi yang satu ini, dari mulai tingkat RT Sampai kelurahan dan di setiap rumah terpasang alat interkom ini,saya masih ingat memory di masa itu , ke akraban sangat terasa antar warganya,karena hampir setiap malam atau siang jalur komunikasi di interkom selalu ramai orang berkomunikasi, dari mulai yang sekedar berkomunikasi atau urusan yang sangat mendesak dan sebagai corong informasi.

Saat itu saya mungkin tengah duduk di sekolah dasar dan terkadang terbersit tanya wah keuren banget nih gadget andai bisa buat sendiri, dan saya hanya lihat lihat atau terkadang pijit sana pijit sini,pengen tau cara kerjanya, pada saat usia saya remaja akhirnya teman teman se usia saya juga sudah pada bisa membikin alat interkom ini,dan saya pun terpancing untuk bisa membuatnya.



Tapi apasih sebenarnya intercom itu ?

Intercom adalah singkatan dari intercomunication device atau alat komunikasi dalam ruangan atau bisa juga satu arah yang pada dasar penerapan nya banyak di implementasikan pada perhotelan untuk komunikasi tiap ruangan atau juga penginapan untuk mempermudah komunikasi.
Namun untuk lebih jelasnya mengenai intercom ini anda bisa cari seperti di wikipedia untuk lebih detail nya, karena saya tidak akan menjabarkan secara panjang lebar.

Pada era 90an Banyak sekali toko - toko elektro yang menjual alat interkom ini untuk komunikasi yang lebih jauh dan di jual dalam bentuk jadi, atau yang suka berexperiment ada juga jualan PCB dan komponennya sanagt banyak di jual bebas,dan para produsen pembuat PCB pun berlomba untuk menjual desain atau type yang lebih bagus lagi dari waktu kewaktu.

Maka pada kesempatan posting kali ini para sobat, untuk mengenang memory tentang masa - masa kejayaan waktu itu saya akan share sebuah layout beserta PCB dan komponen nya desain dari produsen Pcb yang mungkin pada saat ini anda akan sangat sulit jumpai atau pcb nya sudah tidak ada dan tidak produksi lagi, karena itupun yang saya rasakan mencari dan browsing sana sini susah ketemu nya PCB yang lumayan cukup jadul maka dari itu saya ingin dokumentasikan beberapa PCB Jadul yang dulu pernah ada pada Blogkamarku ini.

membuat intercom IC TDA 2003 Sangat mudah dan sederhana sekali sobat, anda bisa membikin pcb nya, soa pembuatan pcb nanti saya akan ulas pada artikel khusus namun kali ini saya akan bagikan layout dan nilai komponen saja yang saya re desain dari produk Saturn.

membuat intercom IC TDA 2003
membuat intercom IC TDA 2003

Pembuatan dan Penerapan :

Tahap pembuatan yang pasti kita siapkan bahan - bahan nya seperti PCB Polos, dan anda bikin layoutnya pada Pcb Polos tersebut sampai jadi, lalu siapkan komponen apa saja yang di perlukan untuk membuat nya.
membuat intercom IC TDA 2003
membuat intercom IC TDA 2003

Untuk penerapan di lapangan intercom ini bisa untuk berkomunikasi 2 arah atau lebih,anda tinggalmenyatukan titik A dengan interkom lain nya mau dua atau samapai sepuluh pun pasti bisa,untuk kekuatan jarak tempuh yang lebih jauh anda buat besi di lilit kabel email dan simpan atau tancapkan di tempat yang lembab agak dalam dan sambungkan dengan kable ke titik G atau ground pada PCB ini.
membuat intercom IC TDA 2003
membuat intercom IC TDA 2003

Perlatan lain sebagai pelengkap, anda bisa membuat box dari triplex atau juga box amply biasa untuk tempatnya,jangan lupa loundspeaker sebagai pengeras suara untuk penerimaan, dan lain sebagai nya.
Untuk Vr bisa di gunakan Potensio Mono biasa 10k untuk penerimaan dan pengiriman suara.

Ic TDA 2003 adalah sebuah Ic yang biasa di gunakan pada power yang kecil atau untuk booster tape mobild dan komponen nya banyak sekali yang masih jualan, jadi kita tidak bingung untuk mencarinya.

Untuk Switch 6 kaki atau Dpdt ini mudah kita dapat di toko elektro,atau anda bisa menggantinya dengan sebuah relay 12v agar lebih praktis,dalam penempatan pada box nya.

Gunakan Dc 12 Volt yang di regulasi dengan baik supaya tidak ada suara mendengung pada intercom anda, dan jangan terburu - buru dalam pembuatan nya,karna akan mempengaruhi hasil akhir, teliti kembali yang sudah anda kerjakan siapa tau ada jalur atau komponen yang salah penempatan.

Oke deh makasih sobat sudah mampir dan membaca artikel saya tentang membuat intercom IC TDA 2003 ini semoga mengobati kerinduan anda,dan selamat mencoba dan semoga berhasil, tetepa selalu semangat dan keep smile on you face Cheeeeerrrz ^_^
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url