Cara Membuat rangkaian mini mixer audio

Hallo  sahabat semua salam jumpa dan selamat datang di blog kamarku ini,mudah - mudahan selalu sehat ya dan kabar baik tentunya buat sobat semua, oke kali ini saya akan berbagi suatu hal yang siapa tau sobat semua lagi membutuhkan artikel seperti pada judul di atas, yaitu Cara Membuat rangkaian mini mixer audio.

Selain tentunya mengasah creativitas kita yang kita dapat adalah suatu kepuasan apa bila kita bisa membuat sendiri ,coba bayangkan saja sama anda sobat, kalau saja kita membeli sebuah mixer mini audio yang branded pastinya akan menguras kantong sobat, ya mungkin kita harus mengeluarkan budget sekitar satu jutaan lebih.

Namun pada kesempatan posting kali ini saya akan berbagi dengan sobat semua bagaimana cara membikin sebuah mixer mini yang menurut saya sih lumayan lah dan bisa berguna untuk apa saja kebutuhan kita, contoh saya menerapkan nya untuk keperluan sebagai pencampur beberapa efek stombox dan output dari beberapa efek kita bisa masukan kesini dan juga kita bisa terapkan sebagai media dalam berlatih mengasah kemampuan dalam bermain gitar.

Sinyal input bisa berupa minus musik  atau loop yang bisa kita gabungkan dengan permainan gitar kita untuk berlatih bermain melodi atau sekedar mengisi fill dan chord nya, tentunya agar tidak berisik dan mengganggu pengisi rumah kita bisa memanfaatkan sebuah headphone sebagai alat dengar nya

mini mixer audio
mini mixer audio
Pada mixer yang kita buat pada projek ini, terdapat 4 buah input yang bisa kita pakai untuk beberapa keperluan kita, dan untuk desain nya sendiri sengaja saya membuat kecil seukuran efek mobil - mobilan gitar agar bisa di susun dengan effek tersebut dan ringkas bisa di bawa kemana - mana.

Untuk bagian komponen yang kita butuhkan sangat sedikit kok sobat, mungkin kalau sobat tertarik dan ingin membuatnya paling kita akan keluar uang hanya kisaran di bawah 50 Ribu saja untuk membeli komponen yang kita butuhkan

Ini adalah proses pembuatan yang saya bikin dan saya sudah bikin beberapa sebagai uji coba dan iseng - iseng aja.

Kalau di lihat penampakan nya saja dari ukuran pcb Cukup kecil kok mungkin hanya sekitar dibawah ukuran Box roko dan yang paling penting  adalah dalam ketersediaan komponen yang mudah di cari, simple dan lumayan murah lah.

Semua komponennya sangat mudah di cari dan bisa kita dapatkan di beberapa toko yang menjual spare part elektro dong, jangan belinya di toko matrial ya pasti ngga ada lah..!

Skema dan rangkaian ini saya dapatkan dari situs situs hasil googling yang memang menyediakan Skematik dan juga berbagai skema ragkayan untuk keperluan para hobiest DIY atau Do It Your Self artinya Di buat sendiri

Namun untuk memudahkan para sobat yang ingin membangun mixer mini ini, maka saya sudah redisain dengan beberapa perubahan layout dan agar lebih gampang di mengerti dalam penempatan komponen serta enak di pandang saya sudah menggambar ulang d an memberikan nya untuk anda para sobat setia pengunjung blog ini.

Untuk Tata letak komponen dan penampakan layout komponen nya silahkan lihat pada gambar berikut ini.

PCB mini mixer audio
PCB mini mixer audio
Pada bagian atas terdapat 4 buah potensio meter atau VR untuk mengatur bagian sinyal input pada jalur line in masing  - masing, titik yang saya beri angka - angka silahkan anda gabung dengan kable antara titik 1 dengan 1 dan 2 dengan 2 dan yang seterusnya.

Rangkaian ini di bangun oleh sebuah Opamp berjenis TL 072 sebuah Ic 4 kaki yang sangat mudah kita bisa temukan di toko elektro atau spare part, dan anda bisa menempatkan nya pada box plastik atau logam terserah dari apa yang anda punyai.

Sedangkan untuk catu daya atau sebagai sumber energi nya kita bisa menggunakan sebuah Batrai Blitz Kotak 9v atau juga dengan sebuah adaptor yang sudah di regulasi dengan baik agar tidak menimbulkan kualitas audio terganggu dan mendengun.
Untuk Review pembuatan mini mixer audio Berikut ini


Oke sobat silahkan di pelajari dan di coba yah semoga berhasil,dan apabila ada hal - hal yang mau di tanyakan pada saya ,silahkan anda berkomentar pada kolom di bawah atau bisa melalui email dan media sosial yang ada pada blog ini, apa bila saya bisa  bantu saya akan menjawab nya.

Nah sobat Cukup segitu dulu ya, kita lanjutkan lain waktu dengan projek dan rangkaian yang berbeda ALWAYS THINK WITH POSITIF AND STAY HEALTY.....Cheeeerz ^_^
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url