Cara mengatasi Kerusakan DVD Player Mati total

Hallo sobat blogkamarku salam jumpa kembali di blog ini, kali ini saya ingin berbagi pengalaman untuk anda para pengunjung blog ini,yaitu bagaimana cara mengetahui Kerusakan pada DVD Player,nah tentunya tidak lepas dari pengalaman saya di beberapa waktu yang lalu,dimana saya di hadapkan pada sebuah DVD Player yang Dalam Keadaan Matot alias mati total.


Kerusakan Pada DVD Player ini sebenarnya banyak sekali ragam dan jenis kerusakan nya, seperti Error ketika membaca disk DVD ,Panel Kontrol error, atau juga slot untuk disk yang macet,namun pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengatasi kerusakan dvd ini yang tidak hidup sama sekali.
Cara mengatasi Kerusakan DVD Player Mati total
Cara mengatasi Kerusakan DVD Player Mati total

Gejala pada dvd seperti mati total atau tidak ada arus sama sekali ini sebenarnya cukup mudah kita cari di bagian mana saja yang patut kita lakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut,jadi yu kita ikuti langkah – langkah untuk mengetahui kerusakan nya terdapat di mana :

Buka Cassing DVD Player
Buka semua Baut yang terdapat pada Casing DVD,agar kita bisa melihat dan mwngukur bagian – bagian dalam nya.

Buka socket – soket kabel yang terhubung,terutama dari bagian power suplay switching,nah langkah pertama, kita cek adalah bagian power suplay nya,karena semua harus di mulai dari sini dulu baru pemeriksaan pada bagian bagian lain nya.

Untuk standar power suplay switching yang di gunakan pada jenis DVD Player kebanyakan menggunakan tegangan +5v -+12 Volt dan -5v & +12v Juga Ground,coba cek pin – pin tersebut pda jalus power suplay ini apakah mengeluarkan arus yang seperti seharusnya,karena untuk beberapa kasus banyak yang terjadi pada jalur ini terdapat penurunan tegangan,bisa turun sampai 9 Volt dan akan menyebabkan DVD Player jadi error disk,atau permasalahan lain nya.

Cek Juga Dari mulai jalur AC Listriknya apakah tersambung,dan jangan lupa fuse atau sikring nya,biasanya gejala mati total di karenakan power suplay sudah tidak bekerja,bisa jadi oleh beberapa komponen yang sudah drop dan juga short,anda bisa cek satu persatu sampai di temukan komponen yang tidak normal dang anti dengan komponen yang masih bagus.

Namun kalau anda tidak mau ribet dan lebih mudah kita lakukan dalam perbaikan jenis kerusakan ini dengan membeli power suplay universal DVD Player ,harganya cukup terjangkau kok dari yang biasa sampai yang paling bagus, tergantung kantong anda ,namun saya sarankan beli yang lumayan bagus karena lebih awet dan tidak gampang rusak.


Seperti pengalaman saya,ketika saya cek ternyata di beberapa poin pengukuran tidak terdapat arus yang semetinya ada,akhirnya saya putuskan untuk mengganti satu blok power suplay ini,dengan type yang universal,karena bagian ini harus normal dan hidup duluan di bandingkan blok –blog seperti MPEG dan lain nya,akhirnya saya menemukan titik terang,dengan di gantinya bagian ini,DVD Player hidup kembali,dan setelah beberapa waktu di uji coba,tanpa anda masalah,dan saya pun melakukan beberapa pengukuran di beberapa bagian lain nya seperti MPEG dan Mekanik tanpa ada masalah.

Jadi ternyata Matinya DVD Player ini di sebabkan oleh Bagain Power suplay saja yang bermasalah,nah para sobat semua,sebenarnya banyak jenis kerusakan pada DVD Player ini,namun saya akan posting di lain kesempatan ya,oke deh segitu dulu yah ,silahkan anda coba dan praktekan karena bisa jadi DVD Player yang rusak hanya karena tidak mendapat arus yang normal dan di butuhkan,dan hanya mengganti modul power suplay saja…..salam sukses
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url