pesawat radio fm layout dan PCB

Hallo sahabat semua salam jumpa dan selamat datang kembali di blog sederhana ini
Seperti biasa di blog ini tentunya adalah sebagai media saling berbagi informasi terutama berbagai rangkaian elektronik dan juga beberapa projek elektronik yang banyak di ulas di blog ini,bukan bermaksud untuk menggurui dan juga bukanlah admin blog ini seorang ahli namun hanya sebagai seorang Hobiest yang ingin berbagai informasi untuk semua orang terutama para pengunjung di blog ini,mengingat sangat sedikit sekali blog atau website yang mengulas secara detail atau macam – macam rangkaian yang tidak banyak.

Untuk itulah blog ini ingin turut serta sebagai sebuah penyampai informasi sekaligus mempermudah bagi sahabat yang membutuhkan informasi yang di perlukan,seperti pada kali ini yaitu rangkaian pesawat radio fm layout dan PCB,yang kami hadirkan untuk sahabat yang ingin membuat sebuah pesawat radio analog yang menurut saya cukup lumayan agak jadul ,kalau kita lihat dari sekarang,karena sudah lumayan jarang kita jumpai,serta komponen yang sudah mulai agak berkurang di pasaran.
Baca Juga :


Rangkaian ini pada beberapa decade tahun kebelakang mungkin cukup popular,dimana pada masa itu radio adalah salah satu hiburan yang paling di minati oleh masyarakat banyak,selain dari tv yang baru hanya sedikit pilihan station nya,berbeda dengan sekarang yang sangat banyak pilihan dan radio pun sudah sedikit orang yang memilikinya ,terutama penerima radio transistor yang dulu sangat trending dan setiap rumah pasti memilikinya.

Mungkin saat ini masih ada,namun sebagai penghias ruang tamu saja dan jarang untuk di pakai,karena pada saat ini kita bisa akses lewat smartphone untuk mendengarkan radio dengan mudah dan bisa kita bawa kemana – mana.

pesawat radio fm layout dan PCB ini cukup popular di sekitar tahun 90an dimana para produsen PCB pun banyak mengeluarkan desain desain terbaru mereka seperti dari ronica dan lain nya,dan mungkin ini masuk ke generasi pertengahan,kalau di bandingkan dengan radio tabung yang sangat jadul sekali pada generasi pendahulunya.
Baca Juga :


Nah para sahabat untuk mengobati kerinduan dan juga anda yang penasaran ingin kembali membuat nya dan rindu seperti apa sih hasil dari rangakaian ini anda bisa membuat nya denga layout yang sudah saya desain ulang  dari gambar layout jadul seperti pada penampakan gambar nya berikut ini.
pesawat radio fm layout dan PCB
pesawat radio fm layout dan PCB

Untuk bagian masking nya adalah sebagai berikut.
pesawat radio fm layout dan PCB
pesawat radio fm layout dan PCB

Untuk bagian pembuatan jalur PCB nya atau pada jalur tenbaga bagian bawah untuk penyolderan komponen silahkan anda buat dengan menggunakan pola berikut ini.
pesawat radio fm layout dan PCB
pesawat radio fm layout dan PCB

Untuk nilai setiap komponen nya agar lebih mudah saya sudah sertakan pada gambar dan tentunya selamat membuat nya dan bernostalgia,semoga berhasil dan salam sukses…..



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url