Cara membersihkan tembaga yang menghitam pada PCB

Hallo sahabat semua, salam jumpa kembali dan selamat datang di Blogkamarku ini,pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana Cara membersihkan tembaga yang menghitam pada PCB
Cara membersihkan tembaga yang menghitam pada PCB
Cara membersihkan tembaga yang menghitam pada PCB

yang biasa nya banyak terjadi apabila kita mendiamkan PCB yang kita buat tanpa melapisi bagian tembaga nya dengan lapisan Fernish atau Uv solder mask atau bisa juga dengan perak nitrat.

Lalu bagaimana apa bila kita terlanjur mendiamkan nya PCB polos atau PCB yang sudah kita buat jalur nya karena belum di pakai menjadi hitam dan kalau di biarkan akan cepat korosi,sehingga akan merusak jalur jalur penghubung pada komponen nantinya.



Ada Beberapa cara yang bisa kita lakukan yang bisa anda coba dan praktekkan pada Cara membersihkan tembaga yang menghitam pada PCB ini.

Berikut diantaranya :
1.Dengan Cara campuran Garam dan Jeruk Nipis

Caranya adalah dengan mencampurkan garam dan jeruk nipis ,lalu gosokkan pada PCB atau bagian tembaga nya yang sudah mulai menghitam, sampai terlihat bersih dan kinclong.

2.Dengan membuat Pasta pembersih
Yaitu campuran Garam,lalu cuka dan sedikit di beri tepung agar mengental seperti pasta.

Cara pakainya adalah dengan mengoleskan campuran yang tadi sudah kita buat dan tercampur rata ke bagian tembaga yang akan kita bersihkan,lalu diamkan beberapa saat,sekitar 10 menit,lalu bersihkan dengan air hangat.



3.Dengan Saus tomat

Yup selain bumbu masak dan teman makan,saus tomat juga bisa sebagai pembersih dalam tips Cara membersihkan tembaga yang menghitam pada PCB,caranya cukup kita tuang pada permukaan PCB atau jalur tembaga yang mau kita bersihkan dan gosok serta lap hingga bersih.

Hindari menggunakan amplas biasanya akan membuat PCB pada bagian jalurnya menjadi tipis dan terkikis.

Nah sahabat semuanya itulah tips Cara membersihkan tembaga yang menghitam pada PCB yang bisa anda lakukan dengan mudah,dan apabila ada tips lain nya silahkan menambah kan di komentar ,semoga Cara membersihkan tembaga yang menghitam pada PCB ini bermanfaat....salam sukses

Next Post Previous Post