Kabel Hdmi Fungsi dan Harga nya

Blogkamarku.com – Hallo Sahabat selamat datang di blog kamarku,Buat anda yang baru Pertama Mengenal Istilah Kabel HDMI mungkin agak asing atau Juga dengan sebutan Hdmi tersebut dan belu tau apa sih sebenarnya fungsi dari HDMI ini,nah pada artikel kali ini kita akan sedikit mengulas nya agar kita sedikit paham dan mengetahui kegunaan nya pada era konensi saat ini,jadi jangan hanya mengenal istilahnya saja tapi juga penerapan pada bidang elektronika.


Nah pada postingan kali ini yaitu mengenal Kabel Hdmi Fungsi dan Harga nya ini,mari kita ulas dulu api itu HDMI,Sebenarnya pada era sekarang sudah sangat di pastikan pada beberapa perangkat audio atau video keluaran terbaru Fasilitas ini selalu di ikut sertakan pada Panel Koneksinya,seperti Pada Koneksi USB dan Juga Blue Tooth,Nah lalu apa itu HDMI.


Kabel Hdmi Fungsi dan Harga nya
Kabel Hdmi Fungsi dan Harga nya

HDMI Adalah kepanjangan dari High Devinition Multimedia Interface yaitu sebuah Koneksi yang di peruntukan untuk Perangkat Visual dan audio yang sudah punya definisi Tinggi serta support juga untuk definisi yang standard,Jadi dengan Koneksi yang hanya terbuat dari sebuah kabel penghubung dan berbentuk simple serta minimalis ,anda sudah bisa mengkoneksikan beberapa perangkat audio atau video.


Terutama pada perangkat seperti audio player dan juga Video Player seperti Laptop atau PC ,Projektor Video Game dan beberapa alat lain nya yang membutuhkan koneksi High Devinition atau kualitas yang tinggi,Serta dengan kabel HDMI ini cukup memperingkas Koneksi yang sebelum nya cukup banyak hanya dengan satu kabel saja ,seperti koneksi RCA dan Juga VGA,HDMI dan lain nya menjadi satu koneksi saja.


Dengan Menggunakan koneksi jenis ini maka terdapat beberapa kelebihan diantara koneksi yang sebelum nya diantaranya adalah ,Bekerja secara system digital sehingga tidak terjadi Kompresi sinyal yang bisa menurunkan kualitas gambar pada video,Begitupun untuk urusan suara,dengan koneksi ini mampu menghasilkan suara yang sudah berbentuk digital.

Baca Juga :

Berbeda dengan cara lama atau koneksi analog yang bekerja cukup ribet,karena harus mengkonfersi dari analog ke digital dan juga dari digital ke analog,Sehingga membuat kualitas menjadi banyak penurunan kualitas pada hasil akhir yang di dapat nya.


Kabel Hdmi Fungsi dan Harga nya memang bermacam – macam ,Kelebihan lain nya adalah dengan koneksi HDMI Maka kecepatan bertukar data jadi lebih cepat dan ini bisa di bilang menyempurnakan koneksi – koneksi sebelum nya,bahkan dengan koneksi ini bisa mencapai 5 Gigabit Per detik dengan hasil kualitas yang cukup bagus.

Untuk Jenis Kabel HDMI Sebenarnya ada beberapa Macam yang banyak kita Jumpai di antaranya :

MICRO HDMI MINI HDMI STANDARD HDMI
Untuk Lebih memahami nya biasanya disertai dengan Type untk jenis HDMI Tersebut seperti

MICRO HDMI – type D
MINI HDMI – Type - C
STANDARD HDMI – A

Untuk Type lain nya ini biasanya di gunakan untuk Koneksi Pada Perangkat yang cukup kecil seperti Pada Handphone atau tablet dan lain sebagainya,sedangkan untuk ukuran standard di pakai untuk gadget yang berukuran cukup besar.


SEJARAH TENTANG KABEL HDMI

Untuk Pertama kali nya Kabel HDMI ini di pakai dan di perhunakan secara umum pada pertengahan tahun 2002 serta sudah di pakai untuk koneksi pada gadget gadget tertentu pada saat itu,dan pada tahun selanjut nya yaitu pada 2003 di poduksi secara masal untuk kebutuhan pasar.

Baca Juga :


PERKEMBANGAN VERSI KABEL HDMI
Kabel HDMI tentunya terus melakukan inovasi sesuai dengan tuntutan jaman ,dan ini terbukti dari awal perkembangan nya kabel HDMI Sudah mengalami beberapa penyempurnaan Versi dari yang sudah ada seperti perkembangan Versi yang sudah ada di antara nya.

VERSI 1.0
VERSI 1.1
VERSI 1.2
VERSI 1.3
VERSI 1.4
VERSI 4.0

Pengembangan Pada Setiap Versi :

VERSI 1.0

Mendukung Pada MAXIMUM Pixel rate 165Mhz  atau ( 4.95 Gb/s Bandwith )
Serta sudah bisa mendukung untuk tampilan HDTV  dengan Resolusi 1080 Pixel dan Juga WUXGA 1920 X 1200 Dengan Frekwensi 50 – 60 Hz Refresh rate.

VERSI 1.1

Kemampuan pada  MAXIMUM Pixel rate 165Mhz  atau ( 4.95 Gb/s Bandwith )
Dukungan  HDTV  dengan Resolusi 1080 Pixel dan Juga WUXGA 1920 X 1200 Dengan Frekwensi 50 – 60 Hz Refresh rate dengan pengembangan tersedia nya audio dalam koneksi ini.

VERSI 1.2

Pada versi ini dudah mengalami pengembangan pada koneksi audio nya yaitu dengan kualitas yang lebih baik dengan kualitas CD audio

VERSI 1.3

Perkembangan pada Versi ini adalah mampu melakukan dan menampilkan resolusi yang lebih tinggi dengan resolusi maximal nya 2560 x 1600 Pixel dengan single link digital dan juga dengan kemampuan deep Colour dan xv YCC Colur Space yang intinya dalah kemampuan lebih tinggi dari RGB Colour yang biasanya untuk kemampuan mjonitor analog .

VERSI 1.4

Pengembangan Lebih tinggi pada kemampuan koneksi yang lebih cepat dan dukungan resolusi yang lebih tinggi serta dukungan tampilan sampai 4K dan tentunya dukungan dukungan dari versi sebelum nya yang sudah ada.

Harga Kabel HDMI :

Untuk kabel HDMI ini bervariasi untuk harganya,diantaranya adalah tergantung Pangkang yang di gunakan serta Kualitas dari bahan pembuatan nya,Dari yang paling Murah yaitu Berkisar Puluhan Ribu Sampai dengan Jutaan Rupiah,untuk mengecek nya anda bisa cek di beberapa toko online yang ada di Indonesia jadi silahkan anda mencarinya.

Oke sahabat semoga pembahasan tentang Kabel Hdmi Fungsi dan Harga nya ini bisa bermanfaat untuk para sahabat semua dan terimakasih sudah mampir dan berkunjung,semoga bermanfaat ,salam sukses…..

Next Post Previous Post