pcb efek gitar sam distortion

Hallo sahabat dan sobat para pengunjung blog ini salam jumpa dan kabar baik selalu tentunya buat anda para pengunjung dan sahabat semua, oke pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang membuat sebuah peralatan untuk anda khususnya para gitaris yang suka berkreasi dengan karya sendiri atau membuat efek gitar dengan hasil karya tangan anda sendiri.

Pada kali ini kita akan membuat sebuah efek gitar, apakakah anda tau apa itu efek gitar, ya mungkin sebagaian dari anda sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini, namun kalau anda yang belum mengetahui nya bentuk dari efek gitar ini bermacam - macam dari yang mulai analog - semi analog dan juga pada era modern seperti sekarang banyak yang menggunakan digitalisasi atau menggunakan sebuah prosessor untuk keperluan berbagai macam suara yang di hasilkan.

Apa Kegunaan dari efek gitar ini ? nah tentu saja untuk memanipulasi berbagai jenis suara yang di hasilkan dari satu sumber suara, yang tentu saja kali ini adalah sebuah gitar, bentuk nya pun bermacam - macam , dari mulai yang sederhana sampai yang sangat canggih, namun tentunya akan berbanding lurus dengan uang yang akan anda keluarkan untuk membelinya.

Kebanyakan efek gitar jenis konvensional ini bentuk nya seperti mobil - mobilan anak  - anak atau para gitaris menyebut dengan efek gitar kodok, dan biasanya mempunyai ciri khas suara audio yang di hasilkan dari efek yang kita gunakan.

Nah untuk mensiasati harga dari sebuah analog efek gitar yang bisa di bilang cukup mahal,tidak ada salahnya anda mencoba membuat sendiri sebuah efek gitar ini , karena akan meminimkan budget yang di keluarkan ,dan pada kali ini kita akan membuat pcb efek gitar sam distortion.

Sam distortion ini kenapa saya ulas disini ,karena menurut saya bahan komponen yang di perlukan tidak terlalu banyak dan mudah di pasaran,jadi anda akan mudah dalam pembuatan nya, oke kita lihat saja langsung layout PCB nya Karya dari bang sam yang saya temukan di internet dan saya layout ulang dengan penggambar pcb supaya memudahkan.

pcb efek gitar sam distortion
pcb efek gitar sam distortion



Nah sobat anda bisa lihat sendiri bahwa komponen yang di butuhkan tidak terlalu susah dan bisa di dapatkan dengan mudah.
Berikut adalah daftar komponen yang anda butuhkan.


  • Potensio 100k : 2 Buah
  • Potensio 1M : 1 Buah
  • Potensio 50k : 1 Buah
  • Transistor BC549 : 1Buah
  • Ic TL 071 : 1 Buah
  • Elko 1 Uf 16 v : 5 Buah
  • Elko 100Uf 18 v : 1 Buah
  • Dioda LED Merah : 1 Buah
  • Dioda 4148 : 1Buah
  • Capasitor : Bisa anda lihat pada PCB
  • Resistor : Bisa anda lihat di PCB


pcb efek gitar sam distortion
pcb efek gitar sam distortion

pcb efek gitar sam distortion
pcb efek gitar sam distortion
Nah kalau sudah anda dapat komponen yang anda cari sesuai dengan yang di butuhkan, anda bisa membuat PCB dengan cara Hot Pres atau Photo Copy dan setrika,atau untuk yang lebih rapi anda bisa membuatnya dengan cara di print sablon,untuk cara membuat Pcb banyak caranya kok, anda tinggal browsing di internet atau anda bisa cari pada artikel saya yang lain di blog ini.

Untuk menggunakan nya anda tinggal mencolokan secara langsung gitar listrik anda pada bagian input audio, dan pada outputnya anda bisa masukan pada power amplyfire milik anda atau sebuah speaker aktiv, untuk daya catuan power anda bisa gunakan Baterai blitz kotak 9volt untuk hasil dc yang lebih bersih atau bisa juga enggunakan sebuah Power suplay adaptor dc 9 volt yang anda punya.

Anda juga bisa melakukan experiment dengan cara mengganti Ic TL 071 Dengan persamaan opamp lain nya untuk mencari hasil suara yang lain yang lebih mendekati apa yang anda inginkan, oke sobat silahkan anda praktekan dan berkreasi, dan semoga bisa membantu anda para sobat yang ingin memiliki sebuah efek gitar karya buatan sendiri,dan saya yakin kalau anda sampai sukses membuatnya, akan ada satu kepuasan yang tak ternilai harganya.

Silahkan anda bagikan artikel pcb efek gitar sam distortion ini pada sahabat dan kawan anda semoga bisa membantu, dan terima kasih buat si pembuat karya nya ini yaitu bung sam yang sudah menciptakan efek gitar ini, tetap berkarya....and always keep smile " cheeerz ^_^
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url