Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran

Hallo sahabat semua dan para pengunjung setia blog ini.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sebuah rangkaian dan juga Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran,yup pada kali ini kebetulan saya lagi iseng bongkar – bongkar sebuah active speaker yang mampir di meja saya karena sudah rusak dan terbakar karena short,karena sudah cukup lama juga saya belum sempat lihat apa saja daleman dari active speker ini.

Karena penasaran dan juga melihat apa saja sih yang ada di dalam nya ,jadi langsung aja deh saya buka bagian bagaian nya,speaker active ini menggunakan speaker 4 Inch dan box nya tidak terlalu besar pada kedua sisinya,mungkin merk nya bukan merk – merk yang sudah punya nama besar,kalau tidak salah namanya GMC ,Karena penasaran sambil cek apa sih kerusakan nya akhirnya saya preteli bagian bagaian yang terdapat di speaker aktif ini.
Baca Juga :


Ternyata eh ternyata dalaman dari active speaker ini sangat sedikit dan simple sekali ,karena pcb dan juga power nya tidak terlalu besar dan ternyata bukan berjenis stereo melainkan mono yang di modif agar kelihatan seperti stereo,nah disinilah Banyakk para konsumen yang terkecoh,atau mungkin karena pertimbangan harga yang cukup murah kali ya,maka speker ini di buat dengan mode mono.
Baca Juga :

Terdapat dua buah PCB pada dalaman active ini yang paling utama untuk tone control dan yang kedua adalah sebuah PCB Power suplay SMPS yang menggantikan Fungsi dari adaptor regulator yang di buat untuk mencatu power yang berjenis symetris pada model aslinya,namun kita bisa membuat modifikasi dengan sebuah power suplay biasa yang menggunakan power suplay symetris dengan trafo sebagai stepdown nya seperti pada Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran ini
Baca Juga :

Bagi para sahabat yang ingin membuat nya,kebetulan saya sudah clone dari PCB aslinya yang terdapat di active speaker ini dan saya sudah gambar,untuk cara penempatan atau susunan rangkaian nya yang terdiri dari PCB power suplay dan Modul kit yang sudah saya gambar ,untuk anda yang ingin merakit nya bisa mengikuti cara menyusun nya seperti Pada Gambar Berikut ini.
Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran
Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran

PCB dan layout Kedua nya sudah pernah saya Posting di blog ini,jadi apabila anda ingin membuat nya,anda tinggal membuat PCB tersebut dan menggunakan panduan yang sebelum nya di artikel rangkaian tersebut,Pada gambar di perlihatkan jalur input kita bisa masukan kedua sumber audio dengan cara kita kasih tahanan dulu pada L dan R nya sebesar 47Ohm lalu langsung di masukan pada jalur input.

Dan pada bagian keluaran speaker di bagi atau di split mmenjadi 2 bagain yang menyerupai stereo padahal hanya di bagi saja di keluaran speaker,dan anda cukup menggunakan 2 buah speaker 4 Inch dan juga tweter untuk nada treble nya,nah sahabat semoga Cara membuat speaker Active yang Banyak di Pasaran bisa bermanfaat dan selamat mencoba membuat nya.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url