cara menyambung trafo ke power

Hallo sahabat dan para pengunjung semua salam jumpa dan selamat datang di blogkamarku ini.
Pada postingan kali ini saya ingin sekaligus menjawab beberapa pertanyaan dari teman – teman dari yang sudah masuk dari email atau medsos tentang cara menyambung trafo ke power yang mungkin sebagian dari sahabat yang belum paham atau sebagai seorang pemula yang terjun di bidang elektronik builder.

Sebenar nya mungkin bagi para sahabat yang sudah hatam dan juga memang menggeluti bidang elektronik tentunya tidak akan kesulitan ,jadi di postingan kali saya tidak bermaksud menggurui hanya sekedar berbagi dengan teman – teman dan sahabat yang ingin mencoba sebagai pemula membangun projek rangkaian elektronik.
Baca Juga :


Biasanya ada beberapa cara menyambung trafo ke power dan itu tergantung type seperty apa ampli yang anda punya,apakah sebuah power yang membutuhkan tegangan single atau double,symetris yang terdapat dua buah tegangan Plus ,negative dan juga ground,biasanya jenis – jenis Power OCL dan beberapa type jenis power sedang sampai besar pastin menggunakan tegangan symetris.
Baca Juga :

Untuk lebih memudahkan dalam pengertian cara menyambung trafo ke power ini saya akan jelaskan lebih detail dengan perbandingan dua buah gambar yang sudah saya buat sebagai ilustrasi,dan pada gambar pertama dan kedua terdapat perbedaan,yaitu single catu daya dan double catu daya,oke kita langsung saja pada type gambar yang pertama ,yaitu sebuah power yang cukup sedang dan mempunyai power output 300 watt.

Berikut ini adalah gambar double tegangan untuk power OCL berdaya sedang,dan regulator sudah menyatu dalam satu PCB dengan rangkaian power.
cara menyambung trafo ke power
cara menyambung trafo ke power

Sedangkan biasanya catu daya single ,lebih banyak di pergunakan pada power – power yang berkekuatan kecil dan sedang pada umum nya,dan kita akan lihat pada gambar ilustrasi ke dua yang menggunakan sebuah regulator terpisah ,namun menggunakan adaptor berjenis CT, Namun menggunakan regulator yang mempunyai tegangan single yaitu 12volt.
cara menyambung trafo ke power
cara menyambung trafo ke power

Pada gambar kita bisa lihat jalur AC Pada adaptor di hubungkan langsung dengan kabel menuju colokan AC atau langsung ke jalur listrik,dan anda bisa menambahkan sebuah saklar serta sikring pada salah satu kabel nya,kabel satu kita hubungkan dengan trafo pada Pin 0V dan satu lagi kita Hubungkan pada 220Volt,pada bagian keluaran anda bisa lihat pada gambar,dan tergantung kebutuhan tegangan nya,apakah 12volt atau yang lain nya,anda tinggal menghubungkan nya ke rangkaian regulator.

Nah sahabat semoga penjelasan cara menyambung trafo ke power bisa sedikit member informasi buat para sahabat yang sudah melayangkan pertanyaan ,terimakasih atas kunjungan anda ,salam sukses






Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url