Cara membuat antena Pemancar Dipole 11 Meteran

Blogkamarku,Hallo sahabat semua semoga kabar anda selalu sehat dan selalu ceria, beberapa tahun kebelakang sebelum jaman sekarang yang serba instan dan dengan teknologi yang semakin maju dan berkembang mungkin sangat sedikit orang orang yang merasakan masa masa di mana waktu itu komunikasi di bangun lewat frekwensi ,karena pada saat itu ya memang itulah satu satu nya alat untuk berkomunikasi dengan teman atau sahabat yang jauh dengan sebuah pemancar.


Mungkin termasuk saya yang merasakan masa masa itu,namun ada hal yang saya sangat suka kerena pada jaman itu orang orang banyak melakukan creativitas dengan membangun sebuah pemancar yang bagus ,agar bisa lebih jauh lagi daya pancar dan bisa berkomunikasi dengan lancar.


Pada masa itu banyak para penggiat komunikasi menggunakan jalur 2 meteran 11 meteran dan banyak juga yang masih menggunakan intercom sebagai alat komunikasi dengan media penghubung yaitu seutas kawat yang di bentang antar satu penduduk dengan penduduk lain nya.


Nah saya jadi ingat pada waktu itu banyak sekali yang menggunakan jalur 11 meteran ,dan banyak yang membuat daya pancar cukup luar dengan cara memasang antena yang bagus ,nah pada postingan kali ini saya ingin berbagi Cara membuat antena Pemancar Dipole 11 Meteran yang cukup sederhana namun cukup bagus kita terapkan

Baca Juga :
Membuat antenna Long Wire 80 Meteran Versi Miring

Dengan antena yang bagus maka daya pancar dari pemancar akan lebih jauh lagi, untuk pembuatan nya sendiri cukup mudah kok dan simpel anda hanya membutuhkan beberapa bahan saja, seperti

1.Kawat Email 0.6 mm yang cukup panjang
2.Kabel penyuap / kabel antena 75 Ohm

Panjang nya di sesuaikan
Panjang antena secara keseluruhan adalah 11 meteran dan panjang ini kita bagi dua di tengah tengah yaitu 5,5 meter,lalu pada bagian tengah nya kita hubungkan dengan kabel bagian tengah satu dan satu lagi kita hubungkan dengan kabel luar nya.

Jadi konsep antena Dipole ini adalah merentangkan kawat email tadi sepanjang 11 meter dan kita bagi di tengah tengah nya,pada setiap ujung kabel kita pasang pada isolator bulat agar bisa di bentangkan dan di tarik pada tiang nya, untuk lebih lengkapnya nya bisa melihat gambar berikut ini.
Cara membuat antena Pemancar Dipole 11 Meteran
Cara membuat antena Pemancar Dipole 11 Meteran

Sedangkan untuk tiang nya sendiri,anda bisa membuat nya dengan tiang pancang yang cukup kuat seperti dari bambu atau bisa juga menggunakan media lain nya yang cukup kuat dan dipasang cukup tinggi dari permukaan tanah, dengan ketinggian sekitar 5 Meteran.

Baca Juga :
Skema Pemancar Fm Tanpa Trimer dan mudah di buat

Nah semoga Cara membuat antena Pemancar Dipole 11 Meteran ini bisa bermanfaat dan bisa mengobati kerinduan anda dalam hobby anda di jalur frekwensi dan untuk pesawat nya,anda bisa membaca dan membuat di beberapa artikel di blog ini, jadi silahkan anda cari, selamat berkarya dan berkreasi..... salam sukses
Next Post Previous Post