Cara membuat antenna Dipole untuk 80 meteran

Hallo sahabat semua salam jumpa kembali dan selamat datang buat anda para pengunjung baru di blogkamarku ini,kembali kali ini kita akan mengulas tentang bagaiman Cara membuat antenna Dipole untuk 80 meteran,nah bagi anda yang sudah punya pemancar yang bekerja di jalur ini maka anda tinggal pasang saja pada antenna yang akan kita buat berikut ini.

Beberapa antenna untuk kebutuhan kerja di jalur 80 meteran memang banyak pilihan tergantung dari pengguna nya,seperti bisa saja menggunakan antenna jenis lain dan beberapa banyak juga yang menggunakan antenna jenis long wire karena cukup simple dan mudah dalam membuat nya,namun yang akan kita buat ini juga tidak kalah mudah nya dengan beberapa antenna yang ada dan banyak di gunakan oleh para amatir radio.


Baca Juga :
Cara Membuat Antenna Ground Plane 11 Meteran

Para amatir radio biasanya memang suka ber experiment dalam membuat dan juga meracik antenna nya sendiri untuk meperjauh daya jangkau dari pancaran pemancar yang di milikinya,biak untuk menghubungkan antara daerah,antara kota ,sampai antara propinsi juga bisa saja terjadi,antenna dipole atau yang lebih di kenal dengan antenna dua kutub ini,bekerja pada jalur 80 meteran atau bekerja di freqwency 3,5 Mhz,Jadi sudah mutlak anda juga harus menyediakan Pesawat penerima di jalur ini.


Nah untuk Cara membuat antenna Dipole untuk 80 meteran ada beberapa bahan yang harus anda sediakan terlebih dahulu seperti yang akan kita rangkum berikut ini,diantaranya


Kawat email diameter 1 sampai 2 mm yang cukup panjang sesuai kebutuhan kita,Lalu kabel antenna yang berimpedansi 75 Ohm atau bisa kabel pita pada pesawat tv lama yang memiliki impedansi yang sesuai dengan kebutuhan,secara hitungan jarak keseluruhan panjang antenna ini adalah 39.50 Meter dan panjang ini akan kita bagi dua pada titik tengah.


Jadi kita membutuhkan titik tengah pada antenna ini,serta kita bagi pada sayap kiri dengan ukuran 19.75 Meter serta sayap kanan Pun sama dengan ukuran 19.75 Meter,kawat email ini akan kita bentangkan dan di bagi dua di tengah – tengah.

Baca Juga :


Untuk Tinggi tiang Pemancang bisa di buat dengan tiang pipa atau juga bisa dengan bamboo atau lain nya dengan ketinggian sekitar 10 sampai 18 meter atau menyesuaikan dengan kondisi lingkungan para sahabat semua,nah sudah barang tentu kebutuhan feeder pada tengah antenna ikut menyesuaikan tinggi antenna.

Nah bagi anda yang ingin mencoba membuat antenna Dipole untuk 80 meteran ini bisa anda simak sesuai dengan ilustrasi gambar sebagai berikut.
Cara membuat antenna Dipole untuk 80 meteran
Cara membuat antenna Dipole untuk 80 meteran

Oke sahabat semua saya rasa Cara membuat antenna Dipole untuk 80 meteran ini tidak ada kesulitan yang berarti dalam pembuatan nya,jadi semoga bermanfaat dan selamat mencoba serta salam sukses…..




Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url