Cara Membuat Power bank dari Batu Bekas

Hallo sahabat,Selamat datang kembali,kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana Cara Membuat Power bank dari Batu Bekas ,baik menggunakan Baterai bekas laptop atau juga bekas peralatan lain nya yang masih bisa kita manfaatkan dan kita pakai untuk keperluan cas handphone dimana kita bisa pergunakan di saat – saat penting ,namun tentu saja kita harus pahami dulu bagaimana langkah – langkah dalam pembuatan nya.

Untuk membuat sebuah power bank memang cukup mudah kita lakukan,ini berguna untuk memanfaatkan batu  baterai yang sudah tidak berguna atau di abaikan,seperti batu bekas handphone,Laptop ,bekas pave dan lain nya ini bisa kita pergunakan,untuk pembuatan nya sendiri kita bisa manfaatkan baterai Charge ya,jangan baterai kering.

Lalu apa saja alat atau kebutuhan nya dalam merakit rangkaian ini,Oke Langsung saja ya,Pertama kita siapkan bahan – bahan nya terlebih dahulu seperti :

Rangkaian Modul Power Bank,yang sudah jadi biar ga ribet kok,dan modul charging ini bermacam – macam dari yang termurah hingga yang cukup mahal yang di lengkapi dengan LCD serta Fitur – fitur lain nya,sedangkan untuk yang paling sederhana ,berbentuk kecil dan harga nya juga ada yang di bawah Rp.10.000an Saja.

Baca Juga :

 Memahami Pengertian dan Fungsi Dioda Zener

Membuat antenna Long Wire 80 Meteran Versi Miring

Untuk Bentuk dari modul itu sendiri anda bisa perhatikan beberapa jenis Modul Power Bank yang banyak beredar di pasaran,jadi anda tinggal sesuaikan saja dengan Kebutuhan,sebagai contoh modul seperti pada gambar berikut ini.

Cara Membuat Power bank dari Batu Bekas
Cara Membuat Power bank dari Batu Bekas 


Selanjutnya,maka kita siapkan adalah baterai charging yang sudah tidak terpakai,atau kita ter dulu dan gunakan mana yang masih baik,biasanya pada body baterai tersebut sudah tertera ukuran tegangan nya dan juga arus amper nya,silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda ,atau lihat pada spesifikasi modul yang kita punya dan sesuaikan dengan kemampuan nya,agar tidak over dan juga bisa merusak pada rangkaian power bank tersebut.

Cara Membuat Power bank dari Batu Bekas
Cara Membuat Power bank dari Batu Bekas 


Baca Juga : 

Cara Membuat Microphone Toa Untuk Imam Masjid yang sederhana

Cara mengukur Komponen Resistor dengan AVO Meter Analog

Kita hubungkan pada masing masing pin baterai,yaitu negative dengan negative lain nya,atau lebih jelas nya adalah menggunakan skema parallel,sebagai contoh pemasangan jalur dan juga routing dari Cara Membuat Power bank dari Batu Bekas ini lebih jelasnya silahkan di simak pada gambar berikut ini.

Cara Membuat Power bank dari Batu Bekas
Cara Membuat Power bank dari Batu Bekas 


Nah gampang sekali bukan,kita hanya membutuhkan sebuah modul power bank dengan harga cukup murah,anda sudah punya Sebuah Power bank yang bisa bermanfaat,selamat berkreasi dan salam sukses


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url