Cara merangkai Pemancar Fm dan Modulator secara lengkap

Hallo sahabat semua salam jumpa dan selamat datang kembali
Semoga kabar para sahabat semua selalu sehat ya,walaupun beberapa hari ini cuaca nya memang kurang bersahabat khusus nya yang tinggal di daerah jawa,karena hujan lebat dan juga angin kencang serta beberapa bencana di daerah daerah yang sering kita dengar informasinya saat ini.oke sahabat kali ini saya akan berbagi tentang Cara merangkai Pemancar Fm dan Modulator secara lengkap.


Pada dasar nya rangkaian ini memang sudah tidak asing mungkin untuk generasi tahun 90an karena pada tahun itu banyak sekali para hobyst atau para ekperiment yang bekerja pada bidang frekwency atau yang suka otak atik dan membuat pemancar sudah tidak asing dengan rangkaian pemancar mini yang pernah saya posting juga di blog ini,yaitu rangkaian pemancar yang banyak di produksi oleh ronica,Saturn dan lain lain,sebuah rangkaian pemancar mini yang bekerja di frekwency fm.


Biasanya sering kita jumpai di toko – toko yang menjual spare part dan komponen tersedia PCB modulator nya juga,atau rangkaian pengatur nada dan sekaligus pre amp serta mixer audio yang di peruntukan untuk kita yang ingin membangun brek – brekan atau juga sebuah studio mini dengan rangkaian yang minimalis karena dengan rangkaian modulator ini kita sudah bisa menggabungkan input audio dari tape atau VCD dan sumber lain nya dengan Mikrophone.


Namun beberapa waktu ini PCB modulator dan pemancar ini sudah cukup jarang di pasaran karena memang peminat dan juga stok komponen yang cukup jarang dan sudah mulai menghilang di pasaran,tapi bagi para sahabat yang ingin membangun kenangan nya pada masa lalu atau anda ingin ber ekperiment kembali sekaligus menyalurkan hobi nya dengan membuat Cara merangkai Pemancar Fm dan Modulator secara lengkap ini,anda bisa ikuti cara wiring pada rangkaian pemancar dan modulator nya seperti pada gambar yang sudah saya buat untuk memudahkan dalam penyusunan nya berikut ini.
Cara merangkai Pemancar Fm dan Modulator secara lengkap
Cara merangkai Pemancar Fm dan Modulator secara lengkap

Baca Juga :
Membuat PCB Encoder Stereo Untuk Pemancar FM Sederhana

Nah apabila kita lihat pada penempatan dan wiring nya anda bisa membangun nya pada box yang bisa anda buat sendiri atau juga menggunakan box yang ada dan tidak terpakai,pada gambar saya tidak sertakan rangkaian power suplay jadi anda tinggal menghubungkan saja pada power suplay yang anda punya dan cukup kuat dan bagus agar daya pancar bisa maksimal.

Pada jalur antenna anda bisa hubungkan langsung ke antenna atau juga bisa di kuatkan lagi dengan booster pemancar agar jangkauan bisa lebih besar dan cukup jauh,namun sekedar ekperiment anda tinggal menghubungkan saja dengan sebuah antenna untuk jalur fm.

Anda bisa menambahkan sebuah LED pada modulator dan juga jangan lupa beri sumber suara pada jalur input audio,baik dari tape atau juga vcd atau laptop dan juga hubungkan sebuah microphone untuk berbicara seolah olah anda lagi menjadi seorang penyiar,lalu anda bisa atur untuk mengatur mik dan juga suara lagu backsound nya dengan mengatur potensio pada masing masing pengaturan.

Nah sahabat silahkan di coba Cara merangkai Pemancar Fm dan Modulator secara lengkap ini dan semoaga bisa bermanfaat dan berguna untuk sahabat semua sampai ketemu lagi di postingan yang akan datang. Salam sukses


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url